Sabtu, 16 Februari 2013

Macam-macam Nikmat Allah


Tiga Macam Nikmat Allah                      

22122009
 
 
 
 
 
 
3 Votes

Para ulama membagi nikmat Allah menjadi 3, yaitu:
1) Nikmat kubra (nikmat besar),  yaitu nikmat iman dan islam. Dinamakan nikmat besar dikarenakan nikmat ini yang membawa seseorang mencapai ridlo Allah, dicintai oleh Allah dan Insya Allah bahagia di dunia dan bahagia di akherat. Dalam Al Qur’an disebutkan bahwa hanya sedikit  yang mendapat nikmat ini. Memang untuk mendapatkan nikmat kubra ini tidak mudah. Jalan yang harus kita tempuh sangat rumpil penuh dengan onak dan duri, kanan-kiri jurang yang dalam, mendaki dan sempit. Banyak ujian yang menghadang kita. Untuk bisa lulus kita harus mempunyai senjata yang handal, yaitu sabar dan shalat sebagaimana difirmankan oleh Allah bahwa jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.
2) Nikmat sughra (nikmat kecil) , yaitu nikmat yang dianugerahkan kepada kita di dunia. Ternyata nikmat yang selalu menjadi rebutan kita sampai fitnah-memfitnah, jegal-menjegal, bunuh-membunuh hanya merupakan nikmat yang sangat kecil. Betapa ruginya kita jika hanya memperebutkan nikmat dunia saja. Betapa banyak problema gara-gara rebutan nikmat dunia ini. Alangkah dungunya kita jika kita hanya ingin meraih nikmat yang kecil ini. Apalagi caranya menggunakan jalan yang bengkok. Jalan sesat. Jadi malahan nikmat dunia pun tidak kita peroleh. Meskipun kita kaya raya, tapi hidup dalam kegelapan jiwa/hati apalah artinya.
3) Nikmat melihat Allah di surga
Nah ternyata masih ada lagi nikmat yang hanya diberikan kepada orang-orang yang benar imannya, orang-orang yang telah mendapat nikmat kubra, yaitu melihat wajah Allah. Ini dengan jelas diinformasikan oleh Allah dalam Al Quir’an.
Alangkah nikmatnya jika kita mendapatkan ketiga nikmat tersebut. Tentu saja kita harus bersungguh-sungguh dalam iman kita, sehingga mudah-mudahan kita termasuk orang yang mendapatkan nikmat yang lengkap, amien. (bersambung)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar